Serba serbi IOS 6


20 Rahasia, Tips dan Trik iOS 6

Wednesday, 10 October 2012 16:00
20 Rahasia, Tips dan Trik iOS 6

Berganti tahun, berganti pula sistem operasi untuk perangkat iOS Anda. Ini merupakan perubahan yang cukup besar. iOS 6 menawarkan banyak hal, mulai dari mode panorama pada kamera, hingga kalender jejaring sosial bahkan Photo Stream yang dapat dibagikan kepada orang-orang di sekitar. Jadi, Anda perlu menyimak 20 tips untuk menjelajahi beberapa fitur baru iOS 6 yang sedikit lebih jauh untuk mengintegrasikan iPhone, iPad dan iPod touch ke dalam gaya hidup digital Anda.

Menolak panggilan

Jika seseorang menelepon pada saat yang tidak tepat dan Anda tidak ingin menerimanya, cukup geser ke atas pada simbol Phone di sebelah Declinedan Answer*, dan Anda dapat mengirim pesan teks atau menambahkan catatan dari template yang sudah disediakan untuk kembali menelepon lain waktu. Untuk mengaksesnya dengan cepat, Anda dapat mengaturnya pada Settings> Phone> Reply with Message.

Do not disturb

Jika Anda ingin menelusuri OS baru pada iPhone tanpa gangguan, fasilitas ini juga disediakan. Anda dapat mengaturnya pada Setting> Do Not Disturb. Jika ada ikon kecil bergambar bulan sabit yang terdapat di sebelah penunjuk jam Anda, ini berarti tidak akan ada panggilan masuk sampai Anda menonaktifkan fasilitas ini.

Mengirim media dari Mail

Sekarang Anda dapat memasukkan foto atau video langsung ke email yang sedang ditulis. Yang harus dilakukan hanya tekan dan tahan dalam menu email untuk memunculkan menu kontekstual. Tekan panah paling kanan dan pilihInsert Photo or Video. Dari sana Anda bebas untuk mencari Camera Roll dan album. Temukan yang Anda cari, dan lampirkan pada email Anda.

Pesan VIP

Anda dapat menentukan siapa pengirim penting yang mengirim pesan untuk Anda. Pesan dari pengirim penting ini akan langsung dimasukkan ke folder khusus. Layanan ini disebut pesan VIP. Untuk menentukan pengirim sebagai VIP, tekan nama mereka di bagian pengirim dan tekan Add to Vip. Sebuah bintang akan muncul ketika ada pesan VIP masuk ke kotak masuk Anda.

Perbaharui inbox Anda

Pada iOS 6, cara untuk memperbaharui kotak masuk telah berubah. Anda tinggal menarik ke bawah melewati email terbaru yang Anda terima dan ikon refresh akan tertarik. Lepaskan, dan kotak masuk Anda pun telah diperbaharui. Sangat sederhana.

YouTube

Seperti yang Anda ketahui, aplikasi YouTube telah lenyap dari perangkat iOS. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini aplikasi YouTube telah hadir secara gratis di App Store.

Berbagi Photo Stream

Sekarang Anda dapat membuat folder foto untuk dibagikan dengan cepat, dengan fitur baru iOS 6 bernama Photo Streams. Anda dapat mengaturnya dari Settings> Streaming> iCloud Photo. Setelah diaktifkan, masuk ke aplikasi Photo dan pilih edit, untuk memilih foto yang akan dimasukkan. Pilih Share dan akan ada menu termasuk Photo Stream, kemudian pilih. Dari sini Anda dapat memasukkan alamat email penerima, berikan nama pada Stream dan bahkan menentukan apakah itu situs publik atau tidak.

Apple Maps?

Google pasti marah karena Apple juga mengeluarkan aplikasi Map yang mereka buat sendiri. Sayangnya, walaupun gambar yang disajikan terlihat lebih bagus dan lebih tajam, namun hasil pencarian pada Apple Maps tidak sedetail yang ada padaGoogle. Namun, fitur flyover layak jadi perhatian. Cari satu kota besar dan nikmati perjalanan 3D dengan menekan ikon 3D yang ada pada peta (tidak tersedia untuk semua perangkat atau kota).

Browsing dengan layar penuh

Sekarang Safari menampilkan layar penuh untuk web browsing. Anda tinggal beralih ke modus lansekap dan tekan tombol dengan panah menghadap ke luar untuk menampilkan layar online lainnya.

Tap to post

Tarik ke bawah Notification Centeryang ada di atas layar dan Anda akan melihat dua tombol baru –Tap to Tweet dan Tap to Post. Dengan menekan salah satu tombol ini, Anda akan langsung memasuki dunia jejaring sosial yang saat ini sudah terintegrasi dengan iOS 6.

Guided Access

Dengan mengaktifkan fungsi ini, maka Anda dapat mengunci aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan. Jadi, hanya aplikasi pilihan saja yang dapat diakses. Untuk mengaktifkannya, pilihSetting > General > Accessibility > Guided Acces, lalu pilih ON. Masukkan passcode, kemudan buka aplikasi yang dimaksud, lalu triple-clicktombol Home. Lalu dengan menggunakan jari, lingkari setiap area pada layar Anda untuk mencegah dari gangguan aplikasi tersebut. Anda juga dapat memilih untuk mematikan gerak, sentuhan, dan tombol hardwaredengan menekan tombol Option.

Mengirim lebih banyak foto

Masuk ke aplikasi Photo dan tekanedit, kemudian ketuk setiap foto yang ingin dibagikan. Cukup tekan Sharedan Anda dapat mengirimnya melalui email, Messages atau melalui jejaring sosial.

Baca nanti secara offline

Terlalu banyak yang harus dibaca secara online? Tekan saja tombol panah yang ada pada Safari, dan Anda dapat menambahkannya ke dalam daftar bacaan dengan memilihAdd to Reading List. Pilihan ini akan menyimpan halaman tersedia secaraoffline. Hal ini juga dapat dilakukan dengan Safari pada Mac dan perangkat iOS lainnya.

Kehilangan telepon

Jika Anda mengaktifkan Find my iPhone di menu Settings> iCloud, Anda dapat menggunakan Lost Mode. Saat Anda kehilangan ponsel, login ke icloud.com, pilih Find. dan Anda akan dapat menemukannya. Lost Modememungkinkan Anda memasukkan password dan menampilkan nomor pada layar ponsel, agar orang yang menemukan ponsel Anda dapat menghubungi Anda.

Reskinned iTunes

Aplikasi iTunes pada iOS 6 juga telah diperbaharui. Aplikasi ini menawarkan pandangan yang lebih lega dari hasil pencarian Anda. Karena konten yang ada pada layar telah dikurangi.

Privacy

Tidak semua hal harus dibagi, ini juga diperhitungkan oleh Apple. Itulah sebabnya mengapa iOS 6 Anda dapat menemukan pengaturan yang diberi nama Privacy. Dengan pengaturan ini, Anda dapat mengendalikan setiap aplikasi yang dapat mengaksesReminder, Contact ataupun CalendarAnda.

Sounding off

Ingin memberikan nada khusus untuk membedakan dari kalender atau nada pengingat? Anda tinggal mengaturnya pada menu Setting> Sounds. Dari pengaturan ini, Anda dapat mengatur dari nada jejaring sosial, Anda dapat menentukan nada-nada tersebut dalam fitur ini.

Fitur panorama

Jika Anda adalah pemilik iPhone 5, 4S, atau iPod touch generasi ke lima, Anda bisa mencoba fitur panorama baru pada aplikasi kamera. Anda tinggal menggerakkan perangkat Anda terus menerus saat mengambil panorama.

Waktunya tidur!

Anda mungkin mengingat fitur Do Not Disturb? Sekarang fitur ini lebih disempurnakan lagi. Pilih menuSetting > Notifications > Do Not Disturb, dan Anda dapat menjadwalkan jangka waktu untuk pengaturan ini. Pada pengaturan ini, telepon dari kontak yang telah dimasukkan ke dalam daftar favorit, tidak akan di silence. Selain dari kontak favorit, semua panggilan telepon akan diblokir. Anda bahkan dapat mengatur ketika ada panggilan yang berulang dari orang yang sama dalam beberapa menit, maka panggilan ini tidak akan di silence. [RIC]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Legenda ajisaka, joko linglung, bumi kesongo Dan asal usul honocoroko

Sistem Bilangan Biner Penjumlahan dan Pengurangan Complement

Pengertian, kekurangan dan kelebihan Algoritma K-Nearest Neighbour