Ke kuburan supaya lulus Ujian

Fenomena klenik di Indonesia masih sering dilakukan oleh banyak orang. Ga peduli tua muda cowok cewek. Yang aneh adalah, demi mendapatkan nilai bagus saat ujian ataupun lulus ujian, mereka menggunakan perantara berdoa di makam. Dalihnya adalah itu makamnya orang soleh. Kok jadi keblinger ya.. Sejak kapan berdoa di makam lebih makbul daripada berdoa di masjid???
Jombang - Makam mantan presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dipadati pelajar sejak sepekan terakhir ini. Mereka datang untuk memanjatkan doa. Harapannya, para pelajar tersebut memiliki kesiapan mental saat mengerjakan Ujian Nasional (UN).

Pengurus Ponpes Tebuireng Jombang, Teuku Azwani, mengatakan, peziarah di makan Gus Dur didominasi kalangan pelajar sejak sepekan terakhir ini. Mereka datang secara rombongan dengan ditemani oleh gurunya.

"Ini sudah menjadi tren setiap menjelang Unas. Seperti tahun-tahun sebelumnya, makam Gus Dur selalu ramai menjelang Unas (UN), " kata santri asal Aceh ini, Sabtu (14/4/2012).

Begitu sampai di lokasi makam, para pelajar ini duduk bersimpuh sembari membaca membaca surat Yasin dan Tahlil. Tak jarang dari mereka harus meneteskan air mata. Usai bermunajat, mereka kembali ke sekolah masing-masing secara rombongan dengan ditemani seorang guru.

Ayu Safitri, pelajar asal MAN Mualimin Jombang menuturkan, kedatangannya ke makam Gus Dur untuk bermunajat. Harapannya, ia dan teman-temannya bisa lulus dalam UN yang digelar 16-19 April. "Semoga diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian," kata dia usai mengikuti doa bersama di makam keluarga Tebuireng.

Namun demikian, lanjut dia, bukan berarti upaya yang lain, semisal belajar dilupakan. Menurut Ayu, berdoa di makam Gus Dur hanya untuk membangkitkan mental saja. Ia dan teman-temannya di MAN Mualimin tetap belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Dengan begitu, maka persiapan mental dan materi semakin matang.

"Ke makam Gus Dur ini hanya salah satu bagian dari ikhtiar. Selain itu kami juga tetap belajar," kata pelajar berjilbab ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Legenda ajisaka, joko linglung, bumi kesongo Dan asal usul honocoroko

Sistem Bilangan Biner Penjumlahan dan Pengurangan Complement

Pengertian, kekurangan dan kelebihan Algoritma K-Nearest Neighbour